Back to Kompasiana
Artikel

Sosbud

Jurnalis Keren

Seorang Jurnalis Keren di Jakarta

Pekan Bursa Buku Islami Tahun 2013

REP | 11 March 2013 | 13:55 Dibaca: 211   Komentar: 1   0

KOTA JAKARTA-KEREN, Bagi Anda para pecinta buku dan hobi membaca tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan ini yang berlangsung setahun sekali di kota Metropolitan Jakarta. Memang Islamic Book Fair (IBF) 2013 merupakan kegiatan akbar pesta buku dalam bidang buku-buku agama islam.

IBF 2013 ini bukan hanya menjadi pesta buku namun juga alternatif wisata keluarga. Di sini Kita dapat melihat tawaran produk-produk buku Islami terbaru. IBF juga menjajakan produk non buku seperti perlengkapan muslim serta obat-obat herbal. Selain itu, juga disediakan ‘kids zone’ untuk tempat bermain anak-anak.

Konsep stand dibuat terbuka yang saling berhubungan dimana mereka memanfaatkan semaksimal mungkin tribun penonton di Istora Senayan. Acara Islamic Book Fair (IBF) ke-12 digelar sejak tanggal 1-10 Maret 2013. Panitia IBF ke-12 mengambil tema “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani”. Tema ini masih ada korelasinya dengan tema IBF ke-11 tahun 2012 lalu, hal ini karena panitia menganggap tema besar tentang pendidikan yang bersumber dari Al-Qur’an kian hari kian dibutuhkan oleh umat.

Pameran buku ini tidak hanya menggelar buku- buku bernuansa Islami saja melainkan juga buku- buku yang bertemakan sosial, hiburan, hukum dan ekonomi. Pada kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 stan buku ini, juga diadakan perlombaan untuk masing-masing stan untuk kategori penjualan buku terbanyak.

Islamic Book Fair (IBF) 2013 menargetkan perputaran uang sebanyak Rp 100 miliar. Ketua Panitia IBF, Khaerudin mengatakan bahwa untuk target tersebut naik sekitar 6 persen dari perputaran uang tahun sebelumnya. Tahun 2011 lalu kita dapat Rp 94 miliar. Tapi kalau tahun 2012 kita belum bisa pastikan angkanya.

Stand Gema Insani sampai harus menyiapkan dana hampir Rp 200 juta rupiah untuk menyewa 11 stan dalam pameran yang berlangsung selama sepuluh hari ini. Even pameran buku seperti Islamic Book Fair (IBF) harus rutin digelar. Mantan menteri pemuda dan olahraga Adhyaksa Dault bahkan mengusulkan IBF digelar empat kali setahun.

Sebanyak 80 mata acara digelar selama perhelatan Islamic Book Fair (IBF). Seluruh rangkaian acara di IBF 2013 ini mengajak masyarakat pencinta buku dan pengunjung setia Islamic Book Fair untuk bisa mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Kita bersyukur bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berkenan membuka pemeran buku Islam terbesar,Islamic Book Fair 2013. Dalam sambutannya, Hatta berterima kasih kepada panitia, yang secara berkelanjutan selama 12 tahun mengelar event yang sama.

“Pameran ini memiliki agenda yang sangat mulia, dalam membangun minat membaca,” kata Hatta. Ada 367 stan untuk memenuhi animo 167 perusahaan, yang turut meramaikan pameran buku Islam terbesar dan terlengkap. Pameran ini juga ada sekitar 112 penerbit dan toko buku dengan ratusan terbitan baru, dari ribuan judul buku yang dipamerkan.

Pada hari akhir penutupan pameran buku maka Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Nasarudin Umar didaulat menutup pameran buku Islami yang telah berlangsung selama sepuluh hari ini.

“Dengan memohon ridho-Nya, insya Allah pameran buku ini terus berlanjut, dan dengan membaca alhamdulillahirobil ‘aalamiin, seluruh rangkaian pameran buku Islamic Book Fair yang ke-12 ini kami nyatakan ditutup,” ujar Nasarudin. Pada akhir sambutannya maka Nasarudin berharap agar IBF bisa terus berlangsung dengan lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

Sebelum penutupan, digelar Talkshow “Pemimpin-Qu Berkarakter Qur’ani, Perspektif Menghadapi 2014” di panggung utama Istora. Pada acara itu, selain Nasarudin, hadir sebagai pembicara mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, pengamat politik Burhanuddin Muhtadi, Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustadz Bachtiar Natsir, dan ahli ekonomi syariah Syafi’i Antonio.

Acara yang diadakan selama 10 hari ini berlokasi di dua titik di Istora Senayan, yakni panggung utama (terletak di tribun tengah) dan Ruang Anggrek (terletak di lantai 2). Panitia telah sedemikian rupa menyediakan segala fasilitas dan sarana untuk menunjang acara-acara menarik dan prestisius ini, mulai dari sound system, stage, lighting, sampai video multimedia.

80 agenda acara edutainment, baik di Panggung Utama maupun di Panggung Ruang Anggrek, sepanjang 10 hari penyelenggaraan. Setiap harinya, penyelenggara mengangkat tema acara yang berbeda-beda. Dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional maupun internasional.

Selama 10 hari acara ini dengan susunan acara sebagai berikut: Pembukaan IBF 2013, pada Jum’at, 1 Maret 2013, pukul 14.00 wib., dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Ir. M. Hatta Rajasa. Dalam sambutannya, Hatta Radjasa mengungkapkan event seperti Islamic Book Fair ini merupakan salah satu media untuk mencetak generasi unggul yang siap berkompetisi.

“Masyarakat unggul adalah masyarakat yang siap berkompetisi dalam situasi apapun, dan bibit-bibit masyarakat unggul bias dihasilkan dari kegiatan seperti Islamic Book Fair.” Ungkap Hatta Rajasa. Hadir pula dalam pembukaan IBF 2013 ini Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasa, Wakil Menteri Agama sekaligus Pembina Islamic Book Fair, Nazaruddin Umar, serta mantan Menteri Pemuda & Olahraga, Adhyaksa Dault. Acara ini dimeriahkan oleh group musik religi Debu, penampilan rampak bedug dan persembahan tarian dari TK Alifa.

Setelah prosesi pembukaan IBF 2013, diumumkan juga penganugerahan IBF award untuk kategori buku Islam terbaik dan tokoh perbukuan Islam tahun 2013. Lalu, dilanjutkan dengan Launching dan Bedah Buku “The Great Quran, Referensi Terlengkap Ilmu-ilmu Al Quran” menghadirkan pembicara Dr. Hidayat Nur Wahid dan Ustadz. Attabiq Luthfi. Menariknya, IBF di hari pertama ini akan menggelar Audisi tari Saman. Serta dilanjutkan dengan Bedah Buku “Karena Aku Cinta Baginda Nabi” oleh penulis novel ternama Indonesia Habiburrahman El Shirazy.

Di hari Kedua, “IBF bangun keteladanan umat” menjadi tema utama. Diawali dengan Festival Studi Islam dan Matematika Anak Muslim (FESMA) Babak Penyisihan. Dibarengi acara Seminar “Membentuk Generasi Ulama Intelek”menghadirkan pembicara Adnin Armas, MA, Ir. Ridwan Hasan Saputra, MSi, dan H. Asep Sobari, Lc, bertempat di ruang Anggrek.

Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Dr. Adhyaksa Dault juga akan mengisi acara Bedah Buku “Menghadang Negara Gagal Sebuah Ijtihad Politik” di IBF 2013 kali ini. Selain Launching Buku “Anda Harus Galau” yang menghadirkan Dai M. Azhari Nst, Iskandar Yusuf, dan aktris Film KCB, Meyda Safira. IBF di hari kedua ini juga menggelar Meet and Greet Artis dan Pendukung Film “Moga Bunda Disayang Allah”menghadirkan Melly Goeslaw, Anto Hoed, Fedi Nuril dan lain-lain.

IBF 2013, di hari ketiga menggelar Launching Album Musik Religi Anak Autism “Bermain Musik dan Belajar”. Serta diadakan Silaturahmi Tokoh Nasional dan Deklarasi Bangsa “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani” oleh MIUMI (Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia). Bedah Buku “Pendidikan Islam Berkarakter dan Beradab” menghadirkan pembicara Dr. Adian Husaini, Herry Nurdi, dan Qosim Nursheha Dzulhadi juga akan mewarnai kegiatan IBF hari ketiga ini. Acara di tutup oleh Talkshow “Agar Anak Cerdas Dunia Akhirat” dengan pembicara Mohammad Fauzil Adhim.

Di hari Keempat, IBF 2013 bertajuk “IBF Bangun Kemandirian Umat” menggelar acara Talkshow “27 Jurus Jitu Meraih Impian” mengundang Samsul Arifin sebagai pembicara. Lomba Debat Antar Kampus (Babak Penyisihan) pun digelar di hari itu. Salim A. Fillah dan Kak Bimo (Pendongeng Anak) akan mengisi Talkshow “Kondisi Gaza Terkini”. Menariknya di Panggung Utama, KH. Hasyim Muzadi akan membedah Buku Miftahurrahman “Konkordansi Al-Qur’an Berbahasa Arab Karya Pertama Putera Bangsa”.

“IBF Mempersatukan Umat” menjadi tema utama di hari kelima. Panitia penyelenggara akan menggelar Talkshow “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani Perspektif Keluarga “bersama Teh Ninih, Dra. Wiryaningsih dan Dra. Iffah Ainur Rochmah. Lalu dilanjutkan, Talkshow “Memilih Pemimpin Yang Berkarakter Qur’ani” dengan Ust. Bachtiar Nasir, Lc, sebagai pembicara. Semi Final Festival Nasyid “Idola Nasyid Indonesia” juga akan memeriahkan acara IBF di hari kelima. Serta ditutup, Bedah Buku “Ustadz Backpacker” oleh Dr. Tauhid Nur Azhar.

Hari Keenam, penyelenggara menggelar Grand Final dan Pembagian Hadiah Lomba Debat Antar Kampus. Dilanjutkan dengan, Talkshow “Menuju Umat Berkarakter Qur’ani bersama Ust. Yusuf Mansur, Ust. Dodi Shihab, dan Ust. Ismail Yusanto. Launching Buku “Palestine for Kids” juga mengisi acara dihari keenam ini. Lalu ditutup dengan Talkshow RemajaQu “Aspire to Inspire before Expire” oleh Q-Gen (Qur’anic Generation), Ust. Bendri Jaysurahman.

Dua acara Grand Final diselenggarakan di hari ketujuh oleh penyelenggara. Final Festival Studi Islam dan Matematika Anak Muslim (FESMA) dan Grand Final Festival Nasyid “Idola Nasyid Indonesia”. Kegiatan Talkshow “Narasi Kearifan, Dari Tulisan Ke Tindakan” dan Re Launching Majalah Tarbawi akan mengundang pemateri Ust. Anis Matta. Serta di Panggung Anggrek ada Launching Buku “Wawasan Kebangsaan Menuju NKRI Bersyariah” bersama Habib Rizieq Syihab, Ust. M. Abu Jibril, KH M. Al Khathath.

“IBF Membangun Generasi Qurani” menjadi tajuk utama di hari kedelapan IBF 2013, penyelenggara menggelar Talkshow “Potret Keluarga Teladan Yang Diabadikan Dalam Al-Qur’an” bersama Ust. Bachtiar Nasir, Lc, Ar-Rahman Pre Wedding Academy (APWA). Lalu dilanjutkan, Bedah Buku “Ratu Yang Bersujud” oleh Mahdavi dan Vebriani Dian Ajrrizha. Serta, Di Panggung Utama digelar Launching “Ensiklopedi Hadits” oleh Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA.

Di hari kesembilan, IBF 2013 menggelar Talkshow dan Bedah Buku “Menikah Untuk Bahagia” oleh Indra Noveldy. Lalu ada juga Talkshow dan Bedah Buku “Cinta Ummi dan Sedekah Senyum” bersama penulis Asma Nadia. Menariknya di hari kesembilan ini diadakan Malam Apresiasi 3rd Indonesia Nasheed Award yang digelar di Panggung Utama IBF.

Di hari kesepuluh, dipuncak acara IBF. Penyelenggara menggelar Talkshow “Risalah Cinta Semesta” bersama Haidar Bagir, serta ada juga Talkshow “Hijab I am in Love” bersama Oki Setiana Dewi. Launching Buku Karya Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec akan memeriahkan acara di hari terakhir penyelenggaran IBF. Lalu disertai, Talkshow “Bedah Tabloid Media Umat” dengan pemateri Ustadz Hari Moekti dan Farid Wadjdi.

Rangkaian 10 hari acara, ditutup dengan rangkaian hiburan, penyerahan penghargaan stan terbaik, dan talk show kepemimpinan Indonesia 2014 dengan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U., Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, M.A., dan Burhanudin Muhtadi. Semuanya akan disajikan mulai pukul 18.00 sampai dengan 21.00 wib. di panggung utama.

Pemenang IBF AWARD 2013 Kategori Buku Non Fiksi Dewasa Terbaik

Judul : Ulama & Kekuasaan

Penulis : Jajat Burhanudin

Penerbit : Noura Books Mizan

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Ozi Destayuza, Lahirkan Atlit Taekwondo Bawa …

Muhammad Samin | | 30 September 2014 | 21:47

Bercengkrama Bersama Museum NTB …

Ahyar Rosyidi Ros | | 30 September 2014 | 21:35

Berani Klaim Gadjah Mada, Harus Hargai Kali …

Viddy Daery | | 30 September 2014 | 20:57

(Macau) Mengapa Anda Harus Berlibur ke …

Tria Cahya Puspita | | 30 September 2014 | 20:06

Ayo, Tunjukan Aksimu untuk Indonesia! …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 16:24


TRENDING ARTICLES

Tifatul Sembiring di Balik Hilangnya …

Daniel H.t. | 6 jam lalu

Skenario Menjatuhkan Jokowi, Rekayasa Merah …

Imam Kodri | 8 jam lalu

SBY Hentikan Koalisi Merah Putih …

Zen Muttaqin | 8 jam lalu

Dari Semua Calon Menteri, Cuma Rizal Ramli …

Abdul Muis Syam | 8 jam lalu

Layakkah Menteri Agama RI Menetapkan Iedul …

Ibnu Dawam Aziz | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Rayhaneh Jabbari Membunuh Intelejen Coba …

Febrialdi | 7 jam lalu

Penumpang KA Minim Empati …

Agung Han | 7 jam lalu

Enam Belas Tahun yang Lalu …

Muhakam -laugi | 8 jam lalu

Ada Cinta di Minggu Ke-13 …

Rian Johanes | 8 jam lalu

Ayo Muliakan Petani Indonesia …

Robert Parlaungan S... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: