Back to Kompasiana
Artikel

Edukasi

Ahmad Imam Satriya

mencintai 3 wanita cantik Rizka, Adzra dan Rania

Merancang Rubrik Penilaian Performa Siswa

OPINI | 08 June 2012 | 08:44 Dibaca: 1595   Komentar: 2   0

Dalam merancang rubric penilaian performa siswa, kita terkadang malas untuk merancangnya karena bukan hanya membutuhkan ide tetapi juga waktu dan tenaga yang cukup banyak. Kriteria yang akan diujikan serta skala yang akan digunakan menguras otak kita. Kebuntuan di sini merupakan masalah yang harus ada solusi yang memudahkan proses itu. Untuk dapat mencapai solusi yang memudahkan itu kita bisa menggunakan website rubistar.4teachers.org

Dalam situs ini kita dapat merancang rubrik sesuai mata pelajaran/subjek yang kita emban. Ada pilihan topik dalam rubrik itu seperti math, oral project, writing, product, reading, dan art. Yang harus kita lakukan pertama adalah register. Kemudian kita dapat memulai membuat rubrik sesuai kebutuhan kita.

Misalnya rubrik untuk oral project. Kita dapat memilih Rubrik class debate, role play, interview, dan story telling. Rubrik untuk science menyediakan beberapa kebutuhan seperti untuk building a structure dan lab report. Begitu pula untuk topik lain ada banyak jenis rubrik. Hasil rubrik seperti tabel di bawah ini. Kita dapat mengedit kriteria juga sesuai keinginan kita. Hasil rubrik yang kita rancang dapat kita print atau kita simpan sehingga muncul di situs. Selanjutnya selamat mencoba!

http://rubistar.4teachers.org/index.php?screen=ShowRubric&rubric_id=2200349&

CATEGORY

4

3

2

1

Speaks Clearly

Speaks clearly and distinctly all (100-95%) the time, and mispronounces no words.

Speaks clearly and distinctly all (100-95%) the time, but mispronounces one word.

Speaks clearly and distinctly most ( 94-85%) of the time. Mispronounces no more than one word.

Often mumbles or can not be understood OR mispronounces more than one word.

Vocabulary

Uses vocabulary appropriate for the audience. Extends audience vocabulary by defining words that might be new to most of the audience.

Uses vocabulary appropriate for the audience. Includes 1-2 words that might be new to most of the audience, but does not define them.

Uses vocabulary appropriate for the audience. Does not include any vocabulary that might be new to the audience.

Uses several (5 or more) words or phrases that are not understood by the audience.

Posture and Eye Contact

Stands up straight, looks relaxed and confident. Establishes eye contact with everyone in the room during the presentation.

Stands up straight and establishes eye contact with everyone in the room during the presentation.

Sometimes stands up straight and establishes eye contact.

Slouches and/or does not look at people during the presentation.

Stays on Topic

Stays on topic all (100%) of the time.

Stays on topic most (99-90%) of the time.

Stays on topic some (89%-75%) of the time.

It was hard to tell what the topic was.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kurikulum 2013: Buku, Seminggu Dibagikan …

Khoeri Abdul Muid | | 20 August 2014 | 17:25

Hati-hati, Cara Mengutip Seperti Ini Pun …

Nararya | | 20 August 2014 | 20:09

Anak Sering Kencing (Bukan Anyang-anyangan) …

Ariyani Na | | 20 August 2014 | 18:03

Obat Benjut Ajaib Bernama Beras Kencur …

Gaganawati | | 20 August 2014 | 14:45

Kompasiana Nangkring bareng Sun Life: …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 12:58


TRENDING ARTICLES

Inilah Nama-nama Anggota Paskibraka 2014 …

Veronika Nainggolan | 10 jam lalu

Nikita Willy Memukul KO Julia Perez …

Arief Firhanusa | 14 jam lalu

Kalau Tidak Bisa Legowo, Setidaknya Jangan …

Giri Lumakto | 15 jam lalu

Di Balik Beningnya Kolang-kaling …

Hastira | 15 jam lalu

Menebak Putusan Akhir MK di Judgment Day …

Jusman Dalle | 16 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: